as

Blogger Templates

Minggu, 24 Maret 2013

Langkah Membuat Glasspaiting


Lukisan kaca yang sering dikenal sebagai nama paiting, menyiratkan lukisan yang sebenarnya. Dilakukan untuk membuat gambar di sebuah kaca yang akan menghasilkan gambar unik bercampur warna yang menarik. Membuat lukisan kaca sering di sebut juga dengan GLASSPAITING karena melukis di sebuah kaca yang masih bersih dan kosong belum di warnai ataupun di gambar, bisa di lakukan di gelas, toples, kaca jendela, kaca pintu, dll.
Membuat glasspainting membangun koleksi gambar yang bervariasi agar keinginan pembeli bisa terkesan bagus dan akhirnya tidak ragu untuk membelinya. Untuk membuatnya Anda harus memutuskan warna apa saja yang akan digunakan untuk membuat lukisan di kaca tersebut. Jika anda seorang pembelajar pertama kali membuat, yang perlu anda pilih adalah pewarna berbasis air karena lebih mudah untuk menagani dibandingkan dengan cat berbasis minyak.


- Dasar Langkah-langkah untuk Membuat Lukisan Kaca / Glasspaiting yaitu sebagai berikut :
1. Setelah mendapatkan potongan kaca atau benda yang lain yang masih berbentuk kaca (bisa pakai gelas dan toples) dan juga siapkan cat lukisan, lakukan untuk membersihkan kaca sehingga untuk mendapatkan permukaan yang halus.
2. Jika pemikiran membuat glasspaiting anda telah selesai dan anda pikir tidak memerlukan pemanasan oven, yang perlu anda butuhkan adalah permukaan kaca agak kasar, dan lebih baik pakai cat minyak untuk menghindari cat mengelupas atau nglotok. Hal ini dapat diatasi dengan amplas karena akan membantu cat lebih baik dan lebih lama..
3. Pilih pola yang telah menguraikan jelas dengan kurva minimum yang mungkin dan sudut runcing.
4. Gambar pola pada selembar kertas yang persis ukuran potongan kaca. Pola ini harus digambar persis di pusat agar hasil sesuai yang diharapkan.
5. Jauhkan kaca pada potongan kertas bermotif menyelaraskan dengan sempurna.
6. Buatlah garis besar pola pada kaca dengan bantuan pulpen kaca. Menggunakan liner kaca hitam untuk kejelasan maksimum. Perbatasan ini membantu dalam memegang warna basah dalam lukis dan menghindari pertumpahan cat.
Warna cat ruang dan ide-ide :
7. Saat melakukan semua ini, berhati-hatilah untuk tidak mengacaukan pola. Namun, jika hal itu terjadi, usap bagian ternoda kapas dicelupkan ke remover cat kuku dan mengusap dengan sepotong kain.
8. Tinggalkan pola mengering. Ini mungkin membutuhkan 2 – 5 jam untuk mendapatkan benar-benar kering. Hal ini juga dapat dikeringkan untuk mempercepat pukulan proses.
9. Sekarang menggunakan warna untuk mengisi pola dengan warna yang sesuai harapan yang ada di pola kertas. Hindari terlalu banyak mengambil cat atau menumpahkannya. Setiap sudut atau bagian yang tidak dicat dapat dilihat dari sisi sebaliknya dengan mengangkat gelas. Hati-hati, untuk tidak memegang gelas vertikal untuk menghindari menetes dari warna.
10. Jika ada gelembung yang dibuat dalam warna lukisan, bisa anda lakukan dengan menusuk gelembung tersebut dengan jarum atau peniti.
11. Hindari menerapkan dua lapis cat dalam setiap bagian pola.
12. Biarkan lukisan itu mengering selama sedikitnya 24 jam.
13. Setelah lukisan telah kering, tempatkan dalam oven dingin. Set oven ke 160 derajat C (325F). Ketika suhu mencapai 160C, saat itu selama 40 menit. Matikan oven dan biarkan hingga dingin.
14. Atau, Anda dapat membiarkan glasspaiting tersebut dengan udara kering sampai lukisan benar – benar kering.
15. Anda dapat menggunakan manik-manik, glitter, dan payet ke cat basah sebelum mengering untuk lukisan dekorasi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar